Searching.......

Selasa, 08 Maret 2011

bahasa jawa (chapter 1 --" entah ada chapter lain apa ngga)

Pulau Jawa adalah pulau terpadat yang ada di Indonesia, terbagi menjadi Jawa tengah , Jawa timur, dan jawa barat dengan variasi2 provinsi antara lain yogyakarta, jakarta, banten, dsb.

Seperti halnya sebuah daerah, Pulau Jawa memiliki bahasa khusus, yaitu Bahasa Jawa yang memiliki banyak dialeg seiring banyaknya pembagian d pulau Jawa itu sendiri.

Nah, tapi yg jelas ada nih....adalah tingkatan kesopanan berbahasa, bahasa kepada orang tua berbeda dengan bahasa kepada teman sebaya. Dalam perbahasa jawa-an kota Yogya, dibagi menjadi bahasa jawa ngoko, bahasa jawa krama madya, dan bahasa jawa krama inggil. Ngoko adalah bahasa yang kita gunakan jikalau kita berbicara kepada sesama, atau orang yang lebih muda dari kita. Krama madya adalah jika kita membahasakan diri kita kepada orang tua, ingin menghormati orang yang setara umur dengan kita, atau ingin menghormati adik kita namun dia memiliki sebuah jabatan yang lebih baik. Sedangkan krama inggil adalah sebagus2 bahasa jawa, bahasa yang memiliki nada dan tata ucapan yang sangat halus dan menggambarkan apa itu budaya Jawa.

coba download kamus bahasa jawa, cek saja sendiri

untuk bahasa jawa krama alus bisa dilihat di video pernikahan tetangga anda, atau saudara2 anda yang menggunakan adat jawa sebagai konsepnya..

0 komentar:

Posting Komentar