Searching.......

Senin, 13 Juni 2011

Anxa - Otak dan Perawatannya

Otak itu kecil....ya, bentuk otak kecil, namun energi yang dibutuhkan adalah lebih dari 20% energi yang ada dalam tubuh, dan merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara prima.

Oksigen adalah bensin bagi otakmu, sama kayak motor lho...otak juga butuh oksigen. Nah, ibarat motor yang ada macam bensinnya (bergantung bilangan oktan kayak premium, pertamax,solar), Otak juga perlu diasupi oksigen dengan kualitas baik.

Misalnya saja oksigen yang ada pada daerah perkotaan berbeda dengan daerah pedesaan. Perbedaan itu bukan berdasar pada zat oksigen (karena dimana2 oksigen itu sama, O2) , Namun dilihat dari zat lain yang masuk dalam tubuh pada saat kita bernafas. Apakah CO2 juga banyak yang masuk, apakah udara yang masuk itu udara yang bersih, dsb.
Kemudian, cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dengan perlahan. Kegiatan ini dimaksudkan supaya oksigen yang terserap lebih banyak dan langsung mengalir dalam aliran darah menuju ke otak(efisiensi oksigen)
Olahraga yang dapat meningkatkan koneksi antara sell nervous pada otak, yaotu dengan cara mengembangkan sel baru. Dengan latihan (olahraga ringan) setiap hari secara teratur, anda dapat meningkatkan sirkulasi darah di semua tubuh, tak terkecuali di otak.


Makanan juga patut diperhatikan ya.... ^^,Nutrisi makanan yang seimbang, karena makanan mempengaruhi pertumbuhan 'kinerja' otak. Hindari makan makanan yang terlau berat pada saat sarapan, hindari makanan dengan lemak dan gula yang tinggi pada sarapan karena itu dapat membuat kerja otak menjadi lebih berat.(Kerja tubuh yang berat dalam menyerap makanan berimbas pada otak..kerja tubuh ini autonom, diatur di batang otak). Kalau siang heri kamu merasa lapar, hindarkan dari makanan kecil seperti coklat, tetapi perbanyaklah makanan yang kaca dengan protein seperti telur rebus, karena pada saat perut kosong, protein dapat dengan cepat bereaksi (menjadi dopamine, dan acetylcholine)dan mempercepat efek neurotransmiter(transport antar neuron). Kopi juga dapat meningkatkan efek dopamin(untuk lebih baik, minum saat perut kosong). Nah, teh hijau, tau kan?? itu dapat melindungi otak dari berbagai racun yang diserap oleh makanan.
Mengenai neurotransmitter, sebenarnya bukan dopamine yang berperan penting, namun hal ini dilakukan oleh Serotonin. Cara nambahnya adalah dengan makan karbohidrat diiringi dengan protein yang tinggi.
Pada malam hari, karbohidrat yang terdapat pada pasta, kentang, roti memproduksi serotonin, yang dimana bagus untuk relaksasi otak setelah seharian digunakan. Minum segelas air susu atau makan pisang apa madu bagus untuk otak, dimana makanan ini kaya akan tryptophan yang membantu otak kualitas istirahat pada otak.

Makan ikan laut, karena itu baik bagi fungsi otak, zat yang paling baik untuk dikonsumsi adalah omega (memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja mengingat dan mentalitas). Dan perlu diingat bahwasanya jika lemak esensial(seperti omega3 diatas) sampai berkurang dalam tubuh, maka otak cenderung kurang bisa terkendali.
Catatan.....Kedelai adalah sumber yang bagus untuk mendapatkan posphorus(sangat bermanfaat bagi otak).Ginseng dapat mengoptimalkan kondisi mental.

Minum....Otak adalah organ yang dimana sekitar 83%nya terdiri dari air, tubuh yang dehidrasi tidak bisa menjalankan fungsi otak dengan normal. Untuk mencegahnya, minum kurang lebih 1,5liter air setiap hari.

Last but not least, makan vitamin.....tapi jangan yang langsung jadi seperti yang dapat dibeli di apotek2, karena ada sedikit efek samping pada otak (namanya juga sintesis). Vitamin B memiliki peran yang sangat besar bagi produksi neurtransmiter. Float,B6, dan B12 yang dapat ditemukan antara lain di asparagus, kecambah, kacang polong, ikan salmon, dan daging biri2. Terakhir, jangan lupa untuk mengkonsumsi kalsium dan magnesium(melindungi dari racun dan mencegah kelelahan serta sakit kepala).

Kurangi stress,,ATI2!!!! terhadap stress ^^ karena dapat memicu hormon kortisol yang dapat menurunkan kadar kelenjar2 pada tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar