Searching.......

Sabtu, 11 Juni 2011

Pentingnya hikmah!! (kelembutan akhlaq)

 ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.(An Nahl 125)


-----------------------------------------------------------------------------------------


Hikmah itu lebih berpengaruh...ntah knapa ya......
gini, kalian tau kan bagaimana Rasulullah Shalallaahu 'Alayhi Wasallam sukses melakukan perubahan moral dan adab manusia di dunia umumnya, dan di jazirah Arab khususnya, dari yang acak-acakan menjadi teratur, dari yang mabuk2an menjadi seorang yang terkendali, dari yang suka merendahkan perempuan menjadi yang meninggikan derajat wanita, dsb.


Timbul pertanyaan, gimana sih Rasulullah Shalallaahu 'Alayhi Wasallam kok bisa seperti itu dalam merubah manusia dalam skala yang amat besar, bahkan dalam 100 orang paling berpengaruh dikatakan bahwa Nabi Muhammad menduduki peringkat pertama.


Ada sebuah riwayat dikatakan "Kamu tidak bisa memperoleh simpati semua orang dengan hartamu tetapi dengan wajah yang menarik (simpati) dan dengan akhlak yang baik." (HR. Abu Ya'la dan Al-Baihaqi)


kita lihat beberapa kisah


sedikit dari sekian banyak kisah
Kisah yang lain
lainnya lagi


Dapat diambil sebuah hal...kelembutan Rasulullah menarik simpati...kelembutan itu menjadi hikmah sehingga bisa menarik simpati orang-orang


Rasulullah  Shalallaahu 'Alayhi Wasallam juga diberi gelar Al-'Amin yang artinya dapat dipercaya, hal itu yang menjadikan beliau dekat dengan seseorang. Al-Amin maknanya besar jika kita lihat bahwasanya manusia itu makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Rasulullah saw bersabda: Ruh-ruh manusia itu seperti prajurit yang berkelompok-kelompok, jika saling mengenal mereka akan menjadi akrab, dan jika saling bermusuhan maka mereka akan saling berselisih." (Shahih Muslim No. 4773)
misalnya saja curhat (curahan hati),  Curhat adalah kegiatan dimana kita mengatakan apa yang menjadi beban pikiran kita kepada orang lain. Andai yang kita anggap beban itu diceritakan ke orang-orang, maka tentu kita akan kecewa, oleh karenanya dalam curhat harus dibutuhkan partner yang bisa dipercaya. Contoh lain, misalnya njenengan nyimpen uang, kalau yang dijadikan tempat penyimpanan itu tidak bisa dipercaya dan uang anda dirampas, apa yang terjadi?? kecewa? pasti.


Oleh karenanya sifat dapat dipercaya sangat diperlukan dalam kehidupan sehari2. Dan itu menarik simpati dan kedekatan dengan orang-orang. Bisa dilihat ya, kalau orang yang sombong, ndag mau membantu itu jauh dari pertemanan, banyak musuh.


Sebuah analogi...kalau kamu memakan sesuatu yang rasanya tidak enak, dihari2 kedepan kamu bakalan menolak kalau diberi makanan itu, bener nda?


nah...berarti yang perlu dicari disini adalah apa apa saja yang dapat membuat orang merasa tidak enak,tidak nyaman seperti berlaku semena-mena, aniaya, sebaiknya dijauhi..


silahkan comment untuk memberitahuku apa2 yang tidak enak itu >.< 


hehe..makasih


maaf bila banyak sekali kekurangan........keep in touch with my blog :D

0 komentar:

Posting Komentar